Selasa, 01 Juli 2014

Pakaian Seragam Nasional

Pakaian Seragam Nasional mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2014 Tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Adapun Pakaian Seragam sekolah terdiri dari 3 Jenis Seragam yakni : 
1. Pakaian Seragam Nasional
2. Pakaian Seragam Kepramukaan
3. Pakaian Seragam Khas Sekolah

Pakaian Seragam Nasional adalah Pakaian yang Dikenakan pada Hari Belajar oleh Peserta Didik di Sekolah, yang Jenis, Model dan Warnanya Sama berlaku secara Nasional. untuk Seragam Nasional jenjang SMA/SMK pada umumnya sama dengan Jenis Seragam yang selama ini dipakai (Seragam OSIS), namun ada beberapa tambahan yang paling terlihat di Baju adalah dengan penambahan Badge Merah Putih dengan ukuran (5 x 3 cm) di atas badge SMK (Kantong/Saku). Pakaian Seragam Nasional dikenakan pada Hari Senin, Selasa dan pada hari lain saat pelaksanaan Upacara Bendera. Adapun secara keseluruhan dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

(Pakaian Seragam Nasional SMK )

(Atribut/Topi untuk SMK Gambar Sebelah Kiri)

(Atribut/Dasi untuk SMK Gambar Sebelah Kiri)

Pakaian Seragam Kepramukaan mengacu pada Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 174 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka. Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka selanjutnya disebut Pakaian Seragam Pramuka adalah Pakaian Seragam yang Dikenakan oleh semua Anggota Gerakan Pramuka yang bentuk, warna dan tata cara pemakaiannya ditentukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Seragam Anggota Pramuka dikenakan setiap Hari Jum'at, Sabtu dan pada Hari lain saat kegiatan Kepramukaan.
(Pakaian Seragam Pramuka SMA/SMK Putra)

(Pakaian Seragam Pramuka SMA/SMK Putri)

Pakaian Seragam Khas Sekolah diatur oleh Masing-masing sekolah dengan tetap memperhatikan hak setiap warga negara untuk menjalankan keyakinan agamanya masing-masing. Pakaian seragam khas SMK PGRI 4 Bandar Lampung berupa Seragam Batik yang dipakai pada Hari Rabu dan Kamis.

Permendikbud tentang Seragam Nasional dan Keputusan Kwarnas tentang Seragam Anggota Pramuka dapat di Unduh/Download pada Link berikut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar